Jumat, 28 Juni 2013

Budidaya Cacing Sutra Bagian-2
Persiapan Budidaya Cacing Sutra
Persiapan budidaya cacing sutra Tubifex sp meliputi sebagai berikut :

Pelindung Dasar
Fungsi dari pelindung dasar ini adalah sebagai pembatas antara media budidaya cacing sutra dengan tanah dan menjaga agar bahan organik dalam media budidaya cacing sutra tidak diuraikan oleh bakteri pengurai dalam tanah.

Bahan yang digunakan sebagai pelindung dasar adalah plastic mulsa. Bahan ini dipilih dikarenakan lentur, mudah dibentuk, tidak mudah rusak, dan harganya relatif terjangkau. Sebelum diberi pelindung dasar terlebih dahulu dilakukan penggalian tanah sedalam 25 cm dengan lebar 1 meter dan memiliki panjang 40 meter. Untuk lebih jelas mengenai proses penggalian tanah dapat dilihat pada gambar dibawah :
Konstruksi Penggalian Tanah dan Rincian
Setelah proses penggalian tanah selesai dilakukan barulah dilakukan pemasangan pelindung dasar berupa plastik mulsa, seperti tampak pada gambar :
Pemasangan pelindung dasar
Perataan pelindung dasar
Agar pelindung dasar dapat melapisi secara keseluruhan mengikuti bentuk dari tanah yang telah digali maka perlu dilakukan proses perataan menggunakan air seperti tampak seperti pada gambar berikut :
Perataan pelindung dasar
Setelah pelindung dasar telah rata langkah selanjutnya adalah menusukkan potongan bambu dengan panjang 10 cm pada sisi samping plastic mulsa (pelindung dasar) yang tidak tergenang air dan menutup kembali sisi samping pelindung dasar menggunakan lumpur, hal ini dilakukan untuk menanggulangi kemungkinan akan longsornya tanah bagian samping dari kontruksi budidaya caing sutra. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar :
Pemberian pasak bambu dan lumpur
Lanjutkan Membaca ke Halaman
1
2
3
4
5
6
Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar