Sabtu, 29 Juni 2013

Memanfaatkan barang disekitar kita yang tidak begitu berguna menjadi lebih berguna. Semua bahan fermentasi yang digunakan pakan ternak budidaya lele, cacing, gurami, dll berikut ini menggunakan bahan yang mungkin dianggap tidak berguna. Contohnya seperti ampas tahu, pelepah pisang, dan sayuran sisa. Semua barang tersebut akan difermentasi sehingga menjadi pakan ternak, berikut beberapa video tentang proses fermentasinya :

Fermentasi ampas tahu
Ampas tahu yang biasanya dianggap limbah dapat diolah kembali untuk pakan ternak. Biasanya penggunaan ampas tahu diberikan kepada bibit hewan seperti cacing sutra, cacing tanah, bibit lele, bibit gurame, dll. Berikut video fermentasi ampas tahu :

Link : http://www.youtube.com/watch?v=njEG92Iwgj8
Judul : Ampas Tahu Fermentasi

Fermentasi pelepah pisang
Pisang adalah salah satu tanaman yang keseluruhan susunannya dapat dimanfaatkan, dari akar sampe buahnya dapat kita rasakan manfaatnya. Kali ini pelepah pisang pun dapat digunakan untuk pakan ternak. Selain itu penggunaannya lebih ekonomis, karena mudah ditemukan dimana-mana. Video untuk fermentasi pelepah pisang :

Link :http://www.youtube.com/watch?v=UbPRInAXpOg
Judul :  Fermentasi Pelepah Pisang untuk Pakan Ternak

Fermentasi sayuran
Penggunaan sayuran untuk pakan budidaya ikan. Sayuran yang digunakan adalah sayuran dengan kulitas baik ke bawah. Penggunaan sayuran kualitas Low agar dana yang dikeluarkan minimalis dan ekonomis. Sehingga bisa mengirit pengeluaran. Berikut videonya :

Link : http://www.youtube.com/watch?v=ZlmUeFYg3mo
Judul : Fermentasi Sayuran Untuk Pakan Ternak
Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar