Jumat, 21 Juni 2013


Budidaya Cacing Tanah
Postingan untuk pembahasan cara berternak cacing tanah kali ini akan dibagi menjadi 6 bagian.
Berikut adalah postingan cara budidaya cacing tanah bagian ke-1

Cacing tanah termasuk hewan tingkat rendah karena tidak mempunyai tulang belakang  (invertebrata), cacing tanah yang akan kita bahas pada topik diskusi kali ini adalah jenis Lumbricus rubbellus, dengan klasifikasi sebagai berikut :
Gambar Untuk Cacing Lumbricus Rubbellus

Kingdom
Animalia
Filum
Annelida
Kelas
Clitellata
Subkelas
Oligochaeta
Ordo
Lumbriculida
Famili
Lumbriculidae
Genus
Lumbriculus
Spesies
Lumbriculus SP

Morfologi
Cacing tanah jenis Lumbricus mempunyai bentuk tubuh pipih. Jumlah segmen yang dimiliki sekitar 90-195 dan klitelum yang terletak pada segmen 27-32. Biasanya jenis ini kalah bersaing dengan jenis yang lain sehingga tubuhnya lebih kecil. Tetapi bila diternakkan besar tubuhnya bisa menyamai atau melebihi jenis lain. Cacing tanah jenis Pheretima segmennya mencapai 95-150 segmen. Klitelumnya terletak pada segmen 14-16. Tubuhnya berbentuk gilik panjang dan silindris berwarna merah keunguan. Cacing tanah yang termasuk jenis Pheretima antara lain cacing merah, cacing koot dan cacing kalung.

Persaryatan untuk lokasi
Lokasi yang sangat strategis dan cocok untuk berternak cacing Lumbricus rubbellus adalah lokasi yang memenuhi syarat-syarat berikut :
1) Tanah sebagai media hidup cacing harus mengandung bahan organik dalam jumlah yang besar. 
2) Bahan-bahan organik tanah dapat berasal dari serasah (daun yang gugur), kotoran ternak atau tanaman dan hewan yang mati. Cacing tanah menyukai bahan-bahan yang mudah membusuk karena lebih mudah dicerna oleh tubuhnya. 
3) Untuk pertumbuhan yang baik, cacing tanah memerlukan tanah yang sedikit asam sampai netral atau ph sekitar 6-7,2. Dengan kondisi ini, bakteri dalam tubuh cacing tanah dapat bekerja optimal untuk mengadakan pembusukan atau fermentasi.
4) Kelembaban yang optimal untuk pertumbuhan dan perkembang biakan cacing tanah adalah antara 15-30 %. 
5) Suhu yang diperlukan untuk pertumbuhan cacing tanah dan penetasan kokon adalah sekitar 15–25 OC atau suam-suam kuku. Suhu yang lebih tinggi dari 25 OC masih baik asal ada naungan yang cukup dan kelembaban optimal. 

Lanjutkan Membaca ke Hal
1
2
3
4
5
6
Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar